DOMAIN

On Selasa, 07 Juni 2011 0 komentar


Pengertian:
“Apalah artinya sebuah nama”, mungkin sahabat sering mendengar istilah tersebut. Sebenarnya nama itu penting untuk sebuah identitas yang membedakan satu sama yang lainnya, coba kita bayangkan kalau kita tidak mempunyai nama mungkin kita akan susah mengingat satu persatu sahabat kita,karena kita menggingatnya dalam bentuk fisik, tinggi dan pendek,warna kulit hitam dan putih, dll. Maka dari itu begitu pentingnya sebuah nama untuk membedakan satu sama yang lainnya,begitu pula di internet nama blog/web begitu penting dan harus ada.
Domain name (Nama Domain) adalah sebuah nama blog/web sebagai identitas yang membedakan blog/web satu sama yang lainnya atau nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer di jaringan komputer yang tergabung dalam internet.
Berdasarkan artikel di wikipedia:
A domain name is an identification label to define a realm of administrative autonomy, authority, or control in the Internet, based on the Domain Name System (DNS).
Beberapa Istilah seputar domain:
TLD adalah nama belakang atau ekstensi dari domain. Contohnya adalah com org info net biz co.id dll.
Name Server(NS) merupakan alamat atau lokasi dari suatu server. Misalnya kita mempunyai domain domainku.com yang tersimpan di server. Untuk menuju kesana, pihak server menyediakan NS supaya memudahkan dalam pengaksesan data.
Domain Name Sistem(DNS) adalah aturan yang dipakai dalam penamaan nama domain. Selain DNS ada istilah Propagasi DNS yaitu proses penyebaran dari DNS supaya dikenali oleh seluruh jaringan internet.
Level Domain:
Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti
1.    .com  ( baca; dot com ) : yaitu untuk website bersifat komersil
2.    .net (dotnetwork)
3.    .org  : untuk website organisasi
4.    .edu (doteducation)
5.    . gov : untuk website milik pemerintah ( goverment )
6.    .mil(dotmilitary)
7.    .info : untuk website berisi informasi
8.    .co.id : untuk website yang berada di indonesia di beri akhiran .id
9.    .biz : untuk website bisnis
10. .tv : untuk website stasiun televisi
11. dll
Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dsb).
Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.
Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com.
layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dll.
sementara yang memberikan secara cuma cuma adalah www.freedomain.co.nr memberikan .co.nr secara gratis dan www.co.cc yang memberikan .co.cc secara gratis
Untuk ketiga istilah diatas, paling mudah dengan menggunakan contoh langsung:
www.list.bloggingly.com
  • com adalah Top Level Domain
  • bloggingly adalah Second Level Domain
  • list adalah subdomain
Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Pada awal internet di kembangkan, satu sistem bernama IP address digunakan untuk memberikan alamat kepada masing-masing server yang tergabung ke dalam jaringan internet. IP Address ini berupa deretan angka. contohnya: 208.77.188.166. Jadi jika user internet hendak mengakses satu data di satu server, yang dia perlulakukan adalah mengakses server tersebut dengan mengetikkan alamat IP Address tersebut.
Contoh:
IP Address dari satu server adalah 208.77.188.166. karena mengetikkan berdigit-digit angka seperti itu kurang manusiawi, maka dibuatlah domain name www.example.com sebagai alias dari 208.77.188.166. Siapapun yang mengakses www.example.com, secara otomatis akan diarahkan ke server yang beralamat di 208.77.188.166.
Kesimpulannya:
Domain Name (Nama domain) adalah nama unik yang digunakan sebagai alias dari satu alamat IP server. Ketika kita mengakses satu domain name, secara otomatis kita mengakses satu server dengan satu IP Address tertentu yang di alamatkan oleh domain tersebut.
OK! sekian dulu ulasan saya tentang nama domain. Jadi sekarang kita sudah tahu apa itu domain, pengertian domain, dll. Mudah – mudahan bisa bermanfaat ya .

SOURCE:
http://bloggingly.com/apa-itu-domain-name-nama-domain/
http://pusatberbagi.com/apa-itu-domain-dan-hosting/
http://pertanyaan.com/apa-itu-domain
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20081114045546AA7UVJp
http://adsenseku.com/blog/apa-itu-domain.html
http://www.stopanos.net/pengertian-dasar-domain-apa-itu-domain.html
http://situsmu.multiply.com/journal/item/3
http://komputerbagipemula.blogspot.com/2008/07/apa-itu-hosting-dan-domain.html
http://www.catatan.info/apa-itu-domain-dan-hosting/
http://kangmizwar.com/blog/apa-itu-nama-domain-pengertian-domain.html

0 komentar:

Posting Komentar